4 Hal yang Bisa Dihemat ketika Liburan


Sumber gambar: sandierpastures.com 
Liburan itu sah-sah, justru kegiatan yang satu ini sangat dianjurkan bagi siapa pun guna bisa mengembalikan semangat dan kesegaran pikirannya. Namun, liburan akan menjadi salah apabila tidak dikelola dengan baik. Salah satu ciri liburanmu gagal dikelola dengan baik adalah saat kamu menyadari dompetmu sudah kosong sepulang berlibur, padahal akhir bulan masih lama. Jika sudah demikian, siap-siap saja menerima kenyataan bersusah-susah kemudian setelah bersenang-senang sebelumnya.

Ya, berlibur tidak hanya melatihmu untuk mengelola waktu. Persiapan yang matang mengenai liburanmu tentunya juga menyangkut mengenai seberapa mampu kamu mengatur dana yang tersedia agar dapat bepergian secara nyaman, namun juga tidak mengganggu aktivitas dan kegiatanmu seusai liburan. Jika tidak mampu mengaturnya, akan ada dua hal yang sangat mungkin kamu hadapi, yakni liburan yang tidak nyaman atau kegiatan yang terganggu setelah liburan karena dana bulananmu habis di tengah bulan.

Karena itulah, menghemat dalam liburan itu menjadi amat penting. Akan tetapi, jangan sampai juga proses menghematmu membuat suasana jalan-jalanmu menjadi kacau dan mengecawakan. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu hemat dalam persiapan liburanmu, yang pastinya akan membuat liburanmu tetap nyaman sekaligus tidak menghabiskan budget-mu secara berlebihan.

1.   Biaya Transportasi
Hemat namun harus tetap nyaman. Hal inilah yang harus menjadi prinsipmu dalam memilih transportasi untuk segala keperluannya. Mempertimbangkan masalah waktu dan harga yang murah, tentunya kamu akan lebih memilih pergi dan pulang naik kereta api dibandingkan transportasi lainnya. Tenang saja, untuk masalah harga, kamu bisa kok menemukan tiket kereta api murah jika mau sedikit berusaha mengulik berbagai agen travel online yang terpercaya.

Salah satu agen travel online yang dapat kamu andalkan guna memesan tiket kereta api online adalah 
Traveloka.com.  Selain memberikan banyak promo menarik, Traveloka juga membebaskanmu dari biaya administrasi. Jadinya, bisa semakin hemat, bukan?

Namun, selain memikirkan cara mendapatkan tiket kereta murah untuk pergi dan pulang dari destinasi wisata yang kamu pilih, kamu juga mesti bijak memilih transportasi lokal yang ada di kawasan tersebut. Sebagai contoh, apabila di sana terdapat penyewaan motor, akan lebih hemat menyewanya hingga kamu bisa berkeliling ke berbagai objek secara leluasa. Kalaupun tidak ada, jangan sekali-kali bergerak dari satu objek ke objek lain menggunakan taksi, apabila masih terdapat angkutan transportasi massal yang lain.

2.   Biaya Akomodasi
Kamu pastinya membutuhkan tempat peristirahatan yang nyaman setelah seharian berkeliling menyambangi berbagai objek wisata yang menjadi tujuannya. Namun, yang mesti diingat, tempat yang nyaman itu tidak harus selalu mahal. Kamu bisa kok mencari tempat penginapan yang murah sekaligus nyaman untuk menjadi kamar melepas lelahmu. Usahakan memesan penginapan lebih awal dari waktu keberangkatan guna mendapatkan harga yang lebih miring.

Cara lain untuk menghemat biaya akomodasi, yakni dengan mencari tumpangan. Apabila kamu memiliki saudara ataupun kerabat yang menetap di kawasan wisata yang sedang kamu kunjungi, tidak ada salahnya untuk menumpang bermalam di rumah mereka. Kamu juga bisa menggunakan media sosial khusus traveler guna mendapatkan tumpangan menginap secara cuma-cuma.

3.   Biaya Konsumsi
Hindari restoran besar saat kamu berlibur ke suatu tempat. Alangkah lebih baik, kamu mencari tempat makan lain yang menawarkan menu khas dengan harga yang lebih terjangkau. Dengan demikian, kamu bisa lebih sedikit menghemat budget yang ada sehingga dapat dialihkan ke kebutuhan yang lebih genting.

Tidak ada salahnya juga mencoba membawa makanan dari rumah berupa lauk. Cara ini bisa sukses menjaga ketebalan dompetmu selama berlibur, loh. Lauk kering yang kamu bawa dari rumah tentunya juga lebih higienis dan tidak akan membuatmu mengalami masalah perut selama dalam perjalanan wisatamu. Namun, jangan lupa juga untuk beberapa kali mencicip menu lokal yang ada di kawasan wisata tersebut. Pastikan kamu selalu menanyakan harga sebelum membeli agar tidak kena “tembak” harga yang pasti membuat dompetmu jebol.

4.   Biaya Oleh-oleh
Kerap dijumpai kenyataan sisa uang liburanmu mendadak habis karena harus membeli berbagai macam oleh-oleh yang dipesan oleh keluarga maupun kerabatmu. Niat hati menyenangkan mereka, kehidupanmu setelah liburan akan terancam jika masih terus merasa tidak enak jika tidak memenuhi oleh-oleh yang mereka inginkan. Jadi, mulai sekarang, belajar mengatakan tidak yuk untuk segala pesanan oleh-oleh yang diminta oleh teman maupun saudaramu!

Lain halnya jika mereka menitip oleh-oleh kepada dengan memberikan dana yang cukup untuk membelinya. Itu pun mesti kamu pertimbangkan. Kamu bisa menerima titipan mereka sepanjang barang yang mereka pesan berada sejalur dengan arah perjalanan. Jika tidak, kamu sama saja akan menghabiskan transportasi hingga waktu untuk membeli titipan tersebut. Padahal, uang dan waktu tersebut bisa kamu gunakan untuk kegiatan liburan lainnya yang menyenangkan.



Share on Google Plus

About Dewi Sartika

Bintang Berpuisi adalah sebuah weblog bebas dan mencoba untuk jadi orang keren di Medan
    Blogger Comment
    Facebook Comment

13 comments:

  1. Bagian nitip oleh-oleh khusus yang bikin ribet. Kalo sekedar oleh-oleh biasa siy aku tetap beli untuk keluarga inti. Kadang budget untuk beli oleh-oleh juga bisa membengkak, tergantung apa aja yang dibeli :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat sekali kak, terkadang biaya oleh_oleh malah lebih mahal dari biaya liburannya. Terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  2. Balasan
    1. sama sama, mbak. semogaa bermanfaat y

      Hapus
  3. wahhh sangat membantu nih 4 hal dari kakak... bisa saya jadikan patokan juga.. terima kasih sharenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kembali kasih, mas. semoga bisa bermanfaat ya

      Hapus
  4. Bgaian oleh-oleh keanya emang yang paling agak gimana gitu. Masalahnya kadang bisa pening sendiri sama bawaan oleh-oleh saking banyaknya, tapi pas uda dibagiin ke orang bisa aja tetep kurang. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ole-oleh yang paling pas itu adlaah ilmu bukan barang. cocok kam rasa?

      Hapus
  5. yang bagian oleh-oleh emang paling ngena. kadang ada yang suka nitip barang tapi malah bikin liburan ngga puas soalnya sibuk cari titipan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup benar, dan terkadang oleh-olehnya bikin gak masuk akal dan kantog bolong

      Hapus
  6. wahhh tips berhemat ini bagus nih tricknya,

    aku memang akai traveloka kak, untuk pemesanan hotel dan pesawat, keburu udah register ga mau pindah ke yg lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pastinya seru dong ya, kalau aku masih suka pindah-pindah dan pengin juga tuh

      Hapus
  7. tulisan menarik dan informatif..mohon berkunjung dan meninggalkan evaluasi untuk tulisan sederhana saya ini makasi http://charlesemanueld.blogspot.co.id/2017/03/luna-karib-beraksi-menjadi-lebih-berarti.html

    BalasHapus

KOMENTAR DI SINI
BUKAN SPAM DI SINI YA :)